Berita Terkini
Share on Facebook

           

           

Mon, 22 August 2011 10:15:30 +0700
Pasar Murah Serentak Se-Kalbar

Setelah sukses menyelenggarakan Pasar Murah menyambut Ramadan 1432 H pada akhir Juli 2011, kini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Pasar Murah BUMN Peduli bersama Forum Komunikasi BUMN Kalbar.

 

“Pelaksanaannya pada 19 sampai 23 Agustus 2011, sesuai jadwal masing-masing daerah. Kita start tanggal 19 di beberapa kabupaten,” ujar Sofyan Nasution, Ketua Panitia Pasar Murah BUMN Peduli, kemarin (20/8).

Pasar murah itu serentak di empat belas kabupaten/kota se-Kalbar, melibatkan BUMN-BUMN yang ada di Kalbar bekerja sama dengan Disperindagkop dan pihak kecamatan.

Dikatakan dia, pelaksanaan Pasar Murah BUMN Peduli ini merupakan program Kementerian BUMN yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. “Ini wujud kepedulian dari pemerintah dalam upaya ikut berpartisipasi mengantisipasi terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang hari-hari besar keagamaan,” ujarnya.

Tiga komoditas yang disiapkan dengan harga murah yakni beras, gula, dan minyak goreng. Guna menyukseskan program tersebut, dari Forum Komunikasi BUMN Kalbar menggalang kebersamaan untuk turun langsung ke lapangan.

“Kita bersyukur di Kalbar kawan-kawan BUMN kompak sehingga ada 22 BUMN yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini,” tutur Sofyan Nasution yang juga Kabag Sekretariat dan CSR PTPN XIII.

Selain itu, untuk kelancaran pelaksanaan pasar murah dan tepat sasaran maka pihak kecamatan dan kelurahan akan memberikan kupon kepada masyarakat sasaran. Bagi yang tidak membawa kupon tidak akan dilayani.

Untuk terselenggaranya Pasar Murah BUMN Peduli di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Barat ditunjuk beberapa penanggung jawab yakni Kabupaten Kubu Raya: PT Angkasa Pura II dan PT Inhutani II; Kabupaten Pontianak, PT PNM; Kota Singkawang: PT Jasa Raharja dan PT Askes; Kabupaten Sambas: PT Sucofindo; Kabupaten Bengkayang: PT Bank BTN; Kabupaten Landak: PT Pegadaian; Kabupaten Sanggau: PT Bank Mandiri: Kabupaten Sekadau: PT Pelindo 2; Kabupaten Melawi: PT Telkom; Kabupaten Sintang: PT Pos Indonesia dan PT Jiwasraya; Kabupaten Kayong Utara: PT Jamsostek; Kabupaten Ketapang: PT Pusri dan PT Pupuk Kaltim; dan Kabupaten Kapuas Hulu: PT Bank BRI dan PT PLN.

Khusus pelaksanaan di Kota Pontianak, dipusatkan di enam kecamatan pada 22-23 Agustus tersebar di Kecamatan Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara yang dilaksanakan PTPN XIII dan PT Pertamina.

Di Kecamatan Pontianak Timur dan Pontianak Barat oleh PT Bank BNI; serta Kecamatan Pontianak Kota dan Pontianak Utara, PT Jamkrindo.

Rencananya, di Pontianak Selatan dan Pontianak Kota, pengurus Ikatan Istri Pimpinan BUMN Kalbar ikut berpartisipasi. Selain ada pasar murah tiga kebutuhan pokok (beras, minyak goreng, dan gula), juga ada pasar murah pakaian layak dengan harga serba Rp 5.000.

Juga ada promosi voucher listrik PLN, ada penukaran uang pecahan Rp 2.000. Serta beberapa perlengkapan keperluan Idulfitri lainnya dengan harga jual maksimal Rp 50 ribu. (*)
 /utama/20110821/pasar-murah-serentak-se-kalbar