Artikel
Share on Facebook

           

           

Fri, 20 January 2017 09:07:26 +0700
Seritifikasi Pasar Rakyat Perhatikan Aspek Kesehatan hingga Kenyamanan

Persyaratan umum meliputi lokasi pasar, kebersihan dan kesehatan, keamanan dan kenyamanan, persyaratan teknis meliputi ruang dagang, pengelolaan limbah dan sampah, pencahayaan, sirkulasi udara, drainase dan lainnya

 

Secara teknis, Herliana Dewi Kepala Bagian Pengembangan Jasa SBU SERCO  Sucofindo menjelaskan bahwa prosedur Audit sertifikasi pasar meliputi beberapa tahapan yaitu inspeksi persyaratan umum, persyaratan teknis, dan persyaratan pengelolaan. Persyaratan umum meliputi lokasi pasar, kebersihan dan kesehatan, keamanan dan kenyamanan, persyaratan teknis meliputi ruang dagang, pengelolaan limbah dan sampah, pencahayaan, sirkulasi udara, drainase dan lainnya. Persyaratan pengelolaan mencakup efektifitas, produktifitas, efisien, akuntabel, mengedepankan kepentingan umum, serta mempertahankan nilai-nilai gotong royong.

Herliana menjelaskan banyak prosedur yang harus disiapkan dalam sertifikasi SNI ini. Pertama adalah pemberian arahan dan sosialisasi kepada para pedagang, pengelola dan pengurus terkait mengenai SNI Pasar. Seletah itu mereka menyusun dukumen yang komposisinya, standar loasi, struktur organisasi serta izin mendirikan bangunan. “Setelah seluruh persyaratan SNI telah terpenuhi, barulah mereka dapat mengajukan ke lembanga sertifikasi untuk dilakukan audit,” Jelasnya. Sertifikasi sendiri dapat diberikan setelah sebulan jika dokumen persyaratan SNI pasar telah terpenuhi.

Sedangkan untuk proses sertifikasi setelah melalui pembinaan, tahapan pertama yang harus dilewati oleh para pengelola dan pedagang adalah pemenuhan kelengkapan dokumen pada persyaratan umum, seperti surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan dokumen tata kota mengenai wilayah peruntukkan pasar. Setelah itu, penilaian pada persyarata teknis yang berhubungan mengenai sarana dan prasarana pasar, dan pengelolaan struktur organisasi pasar.(v)