Pemerintah dan Institusi Internasional

Pelatihan Auditor SMK3 Tersertifikasi Depnakertrans

SUCOFINDO meningkatkan kualifikasi untuk mengaudit K3.

TANTANGAN BISNIS

Standar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dimaksudkan untuk melindungi pekerja dari kemungkinan sakit akibat pekerjaan dan dari risiko kecelakaan kerja. Agar penerapannya berjalan efektif, audit (baik internal maupun eksternal) dan tinjauan manajemen harus dilakukan secara periodik.

Sebagai badan audit yang dipercaya oleh Departemen Tenaga Kerja RI, SUCOFINDO memiliki tenaga-tenaga ahli dengan pengalaman luas untuk mempersiapkan para auditor dan anggota manajemen yang memahami SMK3 secara benar.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Tujuan utama pelatihan SMK3 adalah memberikan pemahaman suatu sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Pelaksanaan

Materi Pelatihan disajikan dalam bahasa Indonesia, dan meliputi topik:
  1. Kebijakan Pengawas K3
  2. Kebijakan SMK3
  3. Prinsip Dasar SMK3
  4. Tugas dan Fungsi Auditor SMK3
  5. Wewenang, kewajiban dan jenjang karier Auditor SMK3
  6. Badan Audit SMK3
  7. Mekanisme Audit SMK3
  8. Metode dan Teknik Audit SMK3
  9. Instrumen Audit SMK3
  10. Laporan Audit SMK3
  11. Rencana Tahunan Audit (RTA)
  12. Hubungan Fungsional Auditor SMK3 dengan Pengawas Ketenagakerjaan dan Ahli K3

Metode pelaksanaan pelatihan:

  • Penyampaian materi
  • Lokakarya
  • Pembahasan studi kasus, dimana objek studi kasus berasal dari organisasi peserta pelatihan dan setiap kasus diselesaikan secara kelompok
  • Presentasi kelompok
Peserta    : Pendidikan Minimal D3. Peserta harus sudah pernah mengikuti pelatihan Audit Internal dan atau AK3 Umum. Peserta harus berbadan sehat, dibuktikan dengan surat keterangan dokter dan tidak takut ketinggian.
Durasi        : 3 (tiga) hari kerja.
Lokasi        : secara in-house dan secara publik
Tim pengajar    : instruktur memiliki kompetensi di bidang Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan dan Keselamatan Kerja, dengan kualifikasi IRCA Register pada Quality, Environment and Safety Management System Lead Auditor.

Manfaat

Setelah mengikuti pelatihan maka peserta akan:
  • Memenuhi kriteria 11.1.2 Permenaker 05/Men/1996.
  • Menjadi auditor internal SMK3 yang kompeten dan profesional yang mampu melaksanakan audit penerapan SMK3 di perusahaan.
  • Berpotensi menjadi auditor eksternal.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah salah satu dari lembaga sertifikasi pertama di Indonesia, dengan cakupan sertifikasi sistem manajemen (mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja), sertifikasi produk dan HACCP serta berbagai sertifikasi yang lain.
SUCOFINDO merupakan badan audit SMK3 yang ditunjuk oleh Departemen Tenaga Kerja RI dan memiliki auditor-auditor SMK3 yang kompeten.

Jaringan
SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami bermitra dengan lembaga sertifikasi asing dari negara tujuan ekspor Indonesia.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Pengakuan
SUCOFINDO melaksanakan pelatihan berdasarkan standar-standar internasional yang disepakati. SUCOFINDO adalah anggota ALSI (Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia). SUCOFINDO juga berakreditasi ISO 17020 dan ISO 17025, serta bersertifikasi ISO 9001.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email