Inspeksi dan Audit

Audit Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3)

SUCOFINDO memastikan pemenuhan persyaratan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) sesuai dengan Permenker 05/1996.

TANTANGAN BISNIS

Setiap organisasi diharuskan untuk menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan, melindungi tenaga kerja dan mitra kerja terhadap resiko kesehatan dan keselamatan kerja sesuai dengan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
SUCOFINDO berkapasitas melakukan audit atas penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, dan hasilnya akan dijadikan acuan oleh Departemen Tenaga Kerja dalam menerbitkan sertifikat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3).

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Tujuan utama penerapan SMK3 adalah menciptakan suatu sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Pelaksanaan

SUCOFINDO memiliki tenaga ahli yang melakukan audit pada penerapan sistem manajemen dan kesehatan kerja pada suatu organisasi. Proses sertifikasi itu meliputi:
  1. Audit dilakukan dengan menggunakan Kriteria Audit SMK3 (Permenaker PER.05/MEN/1996 Lampiran II), peraturan perundangan K3 dan standar K3 lainnya.
  2. Compliance/audit final dapat dilakukan setelah organisasi menerima surat perintah audit mengacu kepada Rencana Audit Tahunan (RTA) jika audit bersifat mandatory atau organisasi dapat mengirimkan surat permintaan audit ke Depnakertras dengan ditembuskan ke PT SUCOFINDO (Persero) atau Surat dapat diberikan Langsung Ke PT SUCOFINDO (Persero) jika permintaan audit bersifat Voluntary.
  3. Diagnostic Assessment sama pelaksanaannya dengan audit tahap 1 pada skema audit sertifikasi.
  4. Penerbitan sertifikat dikeluarkan oleh Depnakertrans dan diberikan secara bersamaan pada acara seremonial K3. Organisasi dapat meminta surat referensi atau salinan sertifikat setelah audit dilaksanakan atau sebelum sertifikat SMK3 asli diterima.

Manfaat

  • Meningkatkan komitmen dan kesadaran manajemen puncak serta seluruh komponen terkait di dalam organisasi dalam melindungi tenaga kerja dan mitra kerja terhadap resiko K3;
  • Meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja guna mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja melalui pendekatan sistem;
  • Meningkatkan daya saing di perdagangan nasional dan internasional.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah salah satu dari lembaga sertifikasi pertama di Indonesia, dengan cakupan sertifikasi sistem manajemen (mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja), sertifikasi produk dan HACCP serta berbagai sertifikasi yang lain, serta merupakan badan audit SMK3 yang ditunjuk oleh Departemen Tenaga Kerja RI. SUCOFINDO memiliki auditor yang mempunyai kualifikasi yang lengkap untuk berbagai sektor usaha.

Jaringan
SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bermitra dengan perusahaan inspeksi asing yang memiliki jaringan global.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota ALSI (Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia). SUCOFINDO juga berakreditasi ISO 17020, ISO 17025 dan bersertifikasi ISO 9001.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email